Minggu, 22 Juli 2012

Konsep tumbuh besar.

Ini posting yang sebenernya udah gue buat beberapa minggu lalu, tapi tiba tiba gue kehilangan ide pas lagi nulis ini. Yaudah deh berhenti di tengah jalan. Berhubung otak gue baru dapet ide malem ini, gue memutuskan untuk melanjutkannya sekarang.

Di suatu siang yang agak mendung. Gue, yang baru selesai sekolah, memutuskan untuk langsung pulang ke rumah. Dengan membawa motor mio hitam kepunyaan mami, gue langsung melengos keluar dari lingkungan sekolah dan gak memutuskan untuk beli jajan dahulu di tukang jajan deket sekolah. 


Di jalan, gue ngeliat anak anak TK yang masih kecil kecil, diajak pulang sama ibunya. Terus, gak lama setelahnya, gue juga ngeliat anak anak SD lagi bercanda sama temennya. Lalu, gak lama setelahnya juga, gue  ngeliat anak anak SMP yang lagi jajan di depan sekolah. Gue terus memacu motor, mencoba bersikap tidak peduli dengan apa yang gue lihat barusan.

Di rumah, gue malah kepikiran terus.

Perasaan baru kemaren gue masuk TK.
Perasaan baru kemaren gue perpisahan SD.
Perasaan baru kemaren gue Ujian Nasional SMP.

Kenapa ya hidup bisa secepat ini? Siapa ya yang nyuruh untuk berjalan sebegini cepatnya?

Gue masih inget, pas umur 2 tahun, gue dibeliin sepeda roda 3. Sebagai hadiah karena gue udah bisa jalan. Gue sayang banget sama sepeda itu. Kata mami, gue pernah tidur satu kasur sama sepeda itu. Sekarang, gue udah SMA, dan sepeda itu udah dikasihin adek sepupu.

Gue juga masih inget banget, pas kelas gue kelas 5 SD, sekolah gue ngadain acara pemotongan hewan kurban. Gue mencoba ngangkat kepala sapi yang udah kepisah dari badannya, niatnya sih buat jailin temen. Karena berat banget, gue jatuh dan kecipratan darah sapi.

Gue juga gabisa lupain, setelah SMP harus dipaksa pindah ke kampung halaman karena ikut mami gw yang disuruh nemenin eyang yang udah sepuh. Gue sampe nangis nangis karena gak mau pindah. Tapi ya walaupun nangis, tetep aja gue harus pindah. Ternyata setelah sekian lama tinggal disini, gue dapet temen yang gak kalah asik dengan temen gue di Jakarta

3 hal diatas adalah beberapa peristiwa yang menurut gue unforgotable banget. Gue pingin ngelakuin peristiwa itu lagi, pingin balik ke masa lalu. Ya tapi apa daya, cuma Doraemon sama Nobita yang bisa. Jika sewaktu waktu gue bingung menyalahkan siapa karena hidup ini berjalan terlalu cepat. Maybe, time is the right thing to blame. Waktu adalah hal yang paling tepat untuk disalahkan.

Loh, kenapa harus waktu yang disalahin? Nih, gini ya logikanya. Waktu itu sebenernya memaksa kita untuk "berjalan lebih cepat", kita mungkin gak akan punya waktu untuk mengingat kembali kenangan masa lalu yang menurut kita indah, Apalagi balik ke masa lalu. Waktu juga memaksa kita untuk terus "jalan ke depan.". Maksudnya jalan ke depan itu ya gak lain gak bukan adalah tumbuh besar.

Tumbuh besar itu bukan sekedar berubah bentuk, dari kecil ke besar, dari bayi ke kakek nenek. Bukan gitu. Tapi tumbuh besar itu adalah perubahan bentuk fisik, gaya pikir, tingkah laku, dan jumlah uang di dompet. Gue yang dulu masih sering pipis di celana, sekarang udah mau bikin KTP. Time flies too damn fast, right?

Sebenernya males juga tumbuh besar. Gue udah seneng jadi remaja, udah pewe banget. Gue juga iri sama si Peterpan yang gak berubah jadi tua, jadi anak anak terus. Ya tapi gimana, waktu gak bisa dilawan. Dunia nyata mah emang beda sama dunia kartun. Beberapa hal, bahkan semua hal di dunia nyata itu berjalan dengan tidak sesuai dengan keinginan. Kita maunya ini, tapi adanya itu. Beda sama dunia kartun, yang menurut gue aneh. Misalnya, kalo gak bisa beli sesuatu yang diinginkan, tinggal duduk sambil nangis di jalan, trus ada orang yang nyamperin, dibeliin deh. Kadang gue berpikir untuk mulai mencari alat untuk mentransformasikan semua hal di dunia nyata menjadi lebih indah seperti di dunia kartun.

Alay emang.


okay, back to the main topic. Tumbuh besar itu ribet. terlalu ribet. Gak kebayang juga kalo besok gue udah jadi bapak bapak, punya kumis, bulu kakinya banyak, dan kerjaanya baca koran di teras rumah cuma pake kutang. Yakali aja gue yang sekarang aja udah unyu, kalo punya kumis ya pasti super unyu sekali. 


Gue juga gak tau kenapa kok bisa bisanya gue dapet ide untuk ngepost tentang beginian. Tentang masa depan. Kayaknya gue gak bisa nerima kenyataan kalo sebentar lagi gue harus meninggalkan fase remaja, fase dimana gue sedang menginjak masa jaya jayanya sebagai seorang manusia, dan harus gantian sama generasi generasi muda dibawah gue yang sudah siap mencicipi indahnya remaja. Semacam pergantian pemain gitu.

Iya, kita semua akan melakukan pergantian, pergantian fase hidup. Gue paling benci gantian. Kalo dulu pas lebaran itu gue dikasih THR, besok gantian gue yang ngasih THR. Kalo dulu pas kecil gue dimandiin sama orangtua, besok gantian gue yang mandiin anak gue. Hemm capedeh..

Jadi intinya, semua orang yang gak bersalah, akan diseret oleh waktu ke dalam sebuah permainan namanya hidup. Hidup yang bener bener hidup. Gak ada yang bisa mengelak, termasuk orang galau yang lagi nulis post ini. Dan secara perlahan membuat kita melupakan kenangan masa lalu. Bukan melupakan sih, tapi lupa untuk mengingat semua yang ada di belakang karena waktu akan memaksa orang yang diseretnya untuk terus berjalan kedepan. 


Gue kangen masa lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Made In "linggalisu"